Fun Activity : Animals Feeding

Alif sudah mulai tertarik melihat jenis-jenis hewan, terutama kucing liar yang dengan mudah bisa dijumpai di sekitar rumah, burung peliharaan tetangga, ikan di akuarium, menonton acara hewan, melihat gambar-gambar hewan, bermain dengan mainan hewan.

Kami belum ada kesempatan membawa Alif ke kebun binatang atau taman safari. Kami juga belum ada rencana memiliki hewan peliharaan. Untuk menyalurkan ketertarikan Alif terhadap hewan saya sering membawa Alif ke taman dekat rumah (Teras Cikapundung) disana ada ayam, ada ikan cukup untuk bisa menyenangkan Alif 😃 disana juga dijual pakan jika kita ingin memberi makan hewan yang ada disana. Senangnya, melihat Alif antusias dan menikmati aktivitas barunya 😊

Kegiatan animals feeding banyak manfaatnya lho :
1) Mengenalkan hewan, jika selama ini anak hanya melihat gambar, tayangan di tv, kali ini kita memberi kesempatan anak untuk melihat aslinya 😊 hal ini untuk menghindari verbalisme, yaitu tahu namanya tapi tidak tahu rupanya. Hal ini juga akan memperkaya memorinya, anak akan mencocokkan apa yang ada di gambar dengan aslinya.
2) Melatih anak agar tidak takut terhadap hewan, jika memungkinkan kita bisa memberi kesempatan anak untuk menyentuh hewan yang ada, sehingga anak menjadi berani, terutama untuk anak laki-laki orang tua punya tanggung jawab untuk melatih anak agar menjadi pemberani.
3) Menyayangi hewan, kita sebagai orang tua juga mempunyai kewajiban untuk mendidik anak kita agar memikiki rasa kasih sayang baik kepada sesama maupun makhluk hidup lainnya, bahkan kepada barang pribadi/benda mati sekalipun.
4) Melatih motorik halus anak, kegiatan feeding ini memerlukan keterampilan tangan dalam menjimpit pakan saat akan diberikan kepada hewan. Awalnya mungkin akan tercecer, tidak apa, namanya juga belajar 😁 perlu proses.
5) Melatih motorik kasar, anak berpindah tempat kesana kemari untuk mengejar atau menghampiri hewan, ini sangat baik untuk melatih motorik kasarnya, melatih kekuatan otot kaki. Kalau Alif sangat senang mengejar-ngejar kucing atau ayam 😄
6) Melatih komunikasi dan menambah perbendaharaan kata, saat berada di taman usahakan untuk terus berkomunikasi dengan anak dengan cara menyebutkan nama-nama benda yang ada lingkungan taman, memberikan intruksi bagaimana cara memberi makan hewan, menjelaskan mengapa hewan harus makan dsb. Walaupun anak 1y+ belum paham hal itu akan tersimpan dalam memorinya. Untuk anak 2y+ yang sudah mulai lancar berbicara mungkin anak yang akan lebih sering bertanya. Alif 17m saja yang masih minim kosa katanya sudah mulai tumbuh rasa ingin tahunya, dia selalu bertanya benda apa saja yang belum dia tau walaupun dengan kata yang sederhana "apa? apa?"

Selain menyenangkan ternyata banyak manfaatnya ya bunda 😃 anak-anak mengenal lingkungannya melalui kegiatan bermain, jadi tidak perlu formal, sambil bermain kita bisa sambil belajar, memanfaatkan taman yang ada juga cara smart karena bisa hemat 😁 ini permulaan yang baik untuk mengenalkan hewan pada anak. Jika ada kesempatan saya ingin membawa Alif ke kebun binatang atau taman safari agar bisa mengenal berbagai jenis hewan lainnya 😊

Komentar

Postingan Populer