Fine Motor Activity : Monster Feeder Slot Game

Persiapan :
1) kotak tisu
2) kertas lipat aneka warna
3) pensil
4) double tape
5) gunting
6) bottle caps

Cara Membuat :
Lubang tempat mengambil tisu dianggap sebagai mulut moster, sekarang kita akan membuat mata dan telinga monster dengan kertas lipat aneka warna. Buatlah sketsa terlebih dahulu dengan pensil, gunting, kemudian rekatkan dengan double tape. Untuk bentuk telinga dan mata monster buatlah dengan imajinasi kita masing-masing 😅

Cara Bermain dan Manfaatnya :

1) Ceritanya kita akan bermain memberi makan moster, tempat tisu menjadi monster, anak diminta untuk memasukkan bottle caps ke dalam mulut moster. 

2) Sambil anak memasukkan bottle caps jangan lupa sambil menyebutkan warnanya, agar anak 1y+ bisa mengingatnya, untuk anak 2y+ diharapkan sudah dapat menyebutkan warna bottle caps yang dimasukan ke dalam mulut moster. 

3) Kegiatan memberi makan moster ini membantu anak melatih konsentrasi, kordinasi antara mata dan tangan, melatih motorik halusnya untuk itu digolongkan ke dalam fine motor activity. 

4) Jangan lupa memberikan contoh dan instruksi singkat, ini membantu anak melatih komunikasi. 

5) Berikanlah reward ketika anak berhasil melakukannya, agar anak merasa bangga dan bersemangat 😃 

6) Jangan memaksakan anak untuk bermain, jika anak mulai bosan ganti permainan,  lain waktu bisa kita coba lagi 😉

7) Untuk anak 2y+ kita bisa mulai mengajarkan shorting colour yaitu kegiatan mengelompokkan berdasarkan warna,  setelah itu baru dimasukkan ke dalam mulut moster. 

Happy Playing, Have Fun 😃

Komentar

Postingan Populer