Gross Motor Activity : Monster Punching Bag

Persiapan :
1) Koran bekas
2) Gunting
3) Tas kain bekas/sarung bantal yang tidak terpakai
4) Tali kasur
5) Spidol board marker/permanen marker

Cara Membuat :
1) Kita akan membuat sherded paper dengan cara : ambil selembar koran lipat menjadi beberapa lipatan, gunting tipis-tipis lakukan sampai kertas habis. Banyaknya sesuai keinginan.
2) Gambarlah wajah monster di atas tas kain menggunakan spidol (gambar sesuai imajinasi masing-masing yaa 😅) di bagian depan dan belakangnya.
3) Masukkan sherded paper yang sudah jadi ke dalam kantong yang sudah di gambar, hingga membentuk bantal, ikat dengan tali kasur.
4) Siapkan tali kasur untuk menggantung punching bag, panjang disesuaikan dengan tinggi anak (sebahu anak)
5) Kaitkan punching bag pada paku yang tersedia di tempat yang sudah ditentukan.
6) Let's play now 😃

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Punching bag alias sarung tinju adalah hal yang baru bagi anak, Perkenalkan terlebih dahulu. Contohkan cara bermainnya, berikan instruksi singkat agar mudah dipahami, hal ini untuk melatih kemampuan pemahaman bahasa dan menambah perbendaharaan kata. 

2) Permaianan ini bisa menggunakan tangan kosong atau bisa menggunakan benda, seperti pada gambar : saya menggunakan tiang mainan donsu untuk bermain. 

3) Kegiatan ini sangat baik untuk melatih kemampuan gerak kasar sehingga digolongkan gross motor activity. Karena untuk menyentuh sarung tinju anak harus berjalan mendekati sarung tinju kemudian menggerakkan tangan atau kakinya, ini akan membantu menguatkan otot tangan dan kaki. 

4) Punching bag ini bisa juga diganti dengan media lain seperti balon. 

Happy Playing, Have Fun 😃

Komentar

Postingan Populer