Gross Motor Activity : Playing Hide and Seek

Alhamdulillah akhirnya Alif bisa jalan di usia 1y5m 😊 saya sudah khawatir ketika anak seusia Alif ada yang sudah bisa jalan diusia 1y. Permainan akan lebih banyak dan lebih menyenangkan setelah anak dapat berjalan 😃

Kalau sebelumnya kegiatannya lebih banyak sensory play dan fine motor activity, setelah anak bisa jalan kita bisa lebih banyak memberikan gross motor activity, yaitu kegiatan yang melibatkan kemampuan motirik kasar, melatih kemampuan baru anak untuk bergerak berpindah tempat dengan cara berjalan, berlari, melompat, berguling, dsb.

Gross motor activity akan sangat digemari oleh anak, terutama bagi anak yang baru dapat berjalan, anak sedang senang-senangnya mencoba keahlian barunya 😃 Salah satu gross motor activity yang dapat diberikan adalah permainan hide and seek alias main petak umpet 😃 let's play..

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Permainan ini tidak memerlukan persiapan bahan maupun alat, praktis, menyenangkan, dan bisa dimana saja 😉 bisa in door maupun out door.
2) Permainan ini dapat dilakukan minimal oleh dua orang, yang saya contohkan ini adalah permainan untuk 2 orang yaitu ibu dan anak yang dilakukan di dalam rumah.
3) Tidak ada instruksi khusus dalam permainan ini, anak akan dengan mudah terlibat dalam permainan ini.
4) Mulailah dengan sang ibu bersembunyi di ruang yang berbeda dengan posisi anak saat itu, panggillah namanya, dan mintalah dia untuk mencari "Alif.. Bunda dimana? Cari.." biasanya anak akan dengan reflek mencari. Bisa juga ibu sambil membawa boneka tangan. Dia akan berusaha mencari anda dari satu tempat ke tempat lainnya. Itulah yang kita harapkan, anak bergerak berpindah tempat, dengan begitu otot-otot kaki anak menjadi terlatih, sehingga seiring waktu kemampuan motorik kasarnya semakin baik. 

5) Anak akan merasa senang ketika berhasil menemukan anda, berlarilah kembali ke ruangan lain untuk bersembunyi, dia akan mengikuti anda dan mencari, begitu seterusnya. 

6) Permainan ini cukup menguras energi, bisa sekalian berolah raga 😃 Akhiri permainan jika anak sudah cape dan bosan. Permainan dapat diulang lain hari. 

7) Permainan ini juga dapat melatih indra pendengaran anak, ketika namanya dipanggil apakah anak merespon? 

8) Permainan ini juga melatih daya juang anak agar terus berusaha dan tidak mudah menyerah untuk menemukan anda, kemampuan ini sangat diperlukan dan harus dilatih sehingga berguna bagi anak kelak ketika ia mempelajari sesuatu hal yang baru ia tidak akan menyerah sebelum berhasil. 

9) Jangan lupa berikanlah reward ketika anak berhasil, ini penting agar ia merasa bangga atas kemampuan dirinya, ia merasa senang karena anda menghargai usahanya sehingga ia dapat lebih bersemangat. 

Happy Playing, have fun 😃

Komentar

Postingan Populer