Fine Motor Activity : Transfer the Animals

Persiapan :
Mainan binatang, 2 buah wadah ukuran besar.

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Transfer the Animals mengajak anak untuk memindahkan mainan binatang dari satu tempat ke tempat lainnya.
2) Duduklah berhadapan bersama anak, sebutkan nama permainannya agar anak ingat, berikanlah contoh dan instruksi singkat, ini untuk melatih komunikasi dan menambah perbendaharaan kata.
3) Wadah satu berisi mainan binatang, wadah kedua kosong. Wadah berisi binatang disimpan sebelah kanan, yang kosong sebelah kiri. Jadi nanti anak memindahkan ke arah kiri, jadi ketika anak belajar menulis sudah terbiasa dari kanan ke kiri.
4) Cara ke-1 : Biarkan anak yang menentukan sendiri binatang mana yang akan dipindahkannya. Untuk anak 1y+ ortu membantu menyebutkan nama binatangnya, anak 2y+ ortu bertanya jenis binatang yang dimasukkan dan anak menjawabnya.
5) Cara ke-2 : Orang tua menyebutkan binatang mana yang akan dimasukkan, kemudian anak mencari binatang yang dimaksud, dan memasukkan ke dalam wadah.
6) Kegiatan ini melatih daya ingat, konsentrasi, kordinasi mata dan tangan, melatih motorik halus,  untuk itu digolongkan fine motor activity.
7) Kegiatan ini juga untuk melatih anak membereskan mainannya, menyimpan benda pd tempatnya, menyimpan sampah pada tempatnya. untuk anak 1y+ mungkin terkadang memasukkan belum tepat ke dalam wadah, untuk itulah permainan ini diberikan agar seimbang kordinasi mata dan tangan.
8) Berikan reward ketika anak berhasil, berikan semangat ketika anak belum berhasil.  Ini adalah kegiatan belajar yang fun jangan membebani anak terlalu banyak yang terpenting adalah anak mengalami, ia akan belajar dan terus belajar.

Happy Playing, Have Fun 😃

Komentar

Postingan Populer