Fine Motor Activity : Playing with Cups

Kegiatan Alif kali ini bermain dengan gelas plastik, permainan yang sederhana dan mudah, alat yang digunakan pasti ada di rumah. 

Persiapan : Gelas plastik

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Duduklah berhadapan dengan anak, posisi gelas plastik ada di tengah.

2) Katakanlah kepada anak bahwa hari ini kita akan bermain gelas, sebutkan warna gelasnya, contohkan bagaimana dia harus memainkannya (melepaskan tumpukan gelas, menaruh gelas satu persatu di lantai, menumpuk gelas kembali, melempar gelas, meremas gelas, menggelindingkan gelas, menabrakkan gelas dengan gelas lainnya, membuat menara, merobohkan menara, dsb)

3) Berikanlah kesempatan kepada anak untuk mencoba bereksplorasi dengan caranya sendiri, jangan menyalahkan anak karena tidak sesuai dengan yang diajarkan, orang tua hanya memperhatikan dan ikut bermain, lama-lama anak akan meniru bahkan bisa lebih kreatif.

4) Bertanyalah kepada anak untuk memancingnya berkomunikasi. Contoh : apa yang sedang ia lakukan atau buat dengan gelas tersebut, apa warna gelasnya, apa dia menyukainya,  dsb. Pertanyaan orang tua membantu menstimulasi anak untuk berbicara, menambah kosa kata baru, melatihnya bersikap kritis, pertanyaan orang tua juga merupakan wujud perhatian bahwa kita peduli, sehingga anak merasa senang dan bangga dengan apa yang ia lakukan.

5) Jika permainan sudah selesai ajak anak untuk merapikan kembali dan menaruh gelas di tempat semula.

Happy Playing,  have fun 😃

Komentar

Postingan Populer