Fine Motor Activity : Toss Ball and Get The Target

Fine motor activity berguna untuk melatih motorik halus anak, kali ini bermain lempar bola untuk mengenai target yang telah disiapkan yang kita buat sendiri (posting diy nya menyusul)

Persiapan :
Target dari gelas plastik yang digantung, bola yang ukurannya disesuaikan dengan targetnya.

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Simpan target yang telah dibuat di hadapan anak, berikanlah contoh cara memainkannya sambil memberi instruksi singkat, agar anak mudah memahami dan mencontoh.

2) Berikanlah kesempatan kepada anak untuk mencoba melakukan seperti yang telah dicontohkan, koreksi jika belum benar, ulangi pemberian contoh jika perlu.

3) Berikan apresiasi jika anak berhasil, misal dengan memberikan tepuk tangan. Berikan semangat untuk terus mencoba jika anak belum berhasil mengenai target.

4) Mulailah melempar bola pada jarak yang dekat terlebih dahulu, jika lemparan sudah cukup baik jarak kita tambah lagi.

5) Kegiatan ini mampu melatih fokus, konsentrasi, ketenangan, kesabaran anak. Jika tidak, maka bola tidak bisa mengenai target. Jika anak kesal karena tidak berhasil, jelaskan bahwa anak harus tenang, sabar, dan terus berusaha.

6) Melemar benda mungkin sudah dapat dilakukan anak ketika ia berusia kira-kira 8m tapi kekuatan lemparan masih lemah dan belum terarah. Permainan manual seperti ini membantu melatih otot tangan agar semakin kuat dan melatih lemparan agar lebih terarah mengenai target. Kekuatan tangan berguna untuk melatih kemampuan anak untuk menulis, menggambar. Mengenai target membantu fokus dan keseimbangan.

7) Ikutlah bermain bersama anak, bergembiralah, bermain bersama anak dapat menguatkan ikatan orang tua dan anak.

Happy Playing, have fun 😃

Komentar

Postingan Populer