Sensory Play : Natural Sensory Aromatic

Permainan sensory menstimulus panca indra, kali ini natural sensory aromatic untuk menstimulasi indra penciuman. Gunakan dedaunan yang memiliki aroma, pilih yang mudah ditemukan di sekitar rumah.

Persiapan :
Dua buah wadah, dedaunan yang memiliki aroma (pandan, kemangi, sirih, mint,  dsb)

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Duduklah berhadapan bersama anak, taruh wadah dan dedaunan di tengahnya. 

2) Biarkan anak bereksplorasi dengan media sensory yang ada, seperti: merobek-robek daun, memindah-mindahkan daun, melempar, mencium aromanya, menjilatnya. Itu adalah naluri anak, cara dia memperoleh informasi, mencari tahu, itu adalah salah satu perkembangan yang positif. Kegiatan tsb membantu melatih indra penciuman,memperkaya memorynya, dan membantu melatih motorik anak. 

3) Sambil anak bereksplorasi orang tua menyebutkan benda yang dimainkan oleh anak, bagaimana bentuknya, warnanya. Sehingga anak memperoleh informasi yang utuh, setelah ia merasakan bagaimana teksturnya, aromanya, kini ia tau nama benda nya. 

4) Teruslah berkomunikasi dengan anak selama bermain, jelaskan, ceritakan hal-hal yang berhubungan dengan benda yang ia mainkan.

5) Kemudian Orang tua bertanya untuk menstimulasi anak berbicara. Contoh: Alif sedang apa?  Alif main apa?  Asik tidak mainnya?  Warna apa itu?  Harum tidak? Anak dibawah 2y belum dapat berbicara dengan lancar, mungkin akan merespon dengan bergumam atau berekspresi, itu sudah cukup baik. Orang tua membantu anak dalam berkomunikasi. Misal ketika anak menjawab dengan tidak jelas, orang tua mencoba untuk memperbaiki dan menjelaskan. Contoh : "Alif sedang apa?" "ain" "oh Alif sedang main" "Alif main apa?" "ini" "Alif lagi main sensory ya pake daun" dsb hal tsb akan membantu anak untuk belajar berkomunikasi, dan belajar bertanya, ini membantu anak untuk bersikap kritis. 

6) Akhiri permainan jika anak mulai bosan. 

7) Ajaklah anak untuk merapikan bersama, kemudian ajaklah anak menyimpan sampah hasil permainannya di tempat sampah. 


Happy Playing, have fun 😃

Komentar

Postingan Populer