Drawing with Colourful Marker 〰

Alif bulan Ini berusia 15 bulan, sudah dapat memegang alat tulis dan mencorat-coret. Yuk belajar menggambar 😃

Persiapan :
1) Siapkan kertas hvs ukuran F4/A4, gunting, lakban, papan tulis, spidol aneka warna.

2) Tempelkan kertas di papan tulis, beri lakban di sekelilingnya agar tidak bergeser. Jika tidak ada papan tulis, kertas dapat langsung ditempel di atas meja atau karpet, jangan lupa ditempel lakban agar kertas tidak bergeser.

3) Rekatkan 2 buah spidol dengan warna yang berbeda menggunakan lakban. Jadi sekali gores 2 warna 😃

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Letakkan papan yang telah ditempel kertas di hadapan anak, letakkan spidol yang telah dibuka tutupnya di samping anak, agar ia mudah untuk menjangkaunya.

2) Duduklah berhadapan. Berikanlah contoh dan instruksi dengan singkat dan jelas, ini untuk melatih kemampuan komunikasi.

3) Selanjutnya biarkan anak bereksplorasi dan bereksperimen sendiri dengan spidol di tangannya. Ini untuk menumbuhkan kreatifitasnya dan imajinasinya.

4) Orang tua dapat membantu anak mengganti spidol dengan warna lain yang ingin digunakan. Orang tua juga dapat mengarahkan anak jika mulai mencoret tidak pada tempatnya.

4) Ini adalah permulaan anak mengenal alat tulis, Cara memegang alat tulispun mungkin belum benar seperti seharusnya, itu karena kemampuan motorik halusnya masih terbatas, seiring usia kita koreksi, mudah-mudahan usia 2 tahun sudah dapat memegang alat tulis dengan benar.

5) Orentasi orang tua pada kegiatan menggambar Ini adalah untuk melatih kemampuan motorik halusnya, bukan pada hasil gambarnya. Jika kita rutin melatih motorik halusnya dengan kegiatan menggambar bukan tidak mungkin suatu hari anak bisa pintar menggambar 😃

6) Selain melatih motorik halusnya kegiatan Ini juga mengajarkan anak untuk mengenal warna, fungsi pensil warna, dimana ia boleh menggambar, mengenalkan seni rupa, sehingga kelak diharapkan timbul jiwa kreatifitas pada diri anak.

7) Anak akan berhenti jika ia merasa bosan, berarti itu tanda bahwa orang tua harus segera membereskan jangan sampai spidol menjadi kering, agar lain waktu dapat kita pergunakan lagi, atau jangan sampai anak mencorat-coret di tempat yang tidak seharusnya.

8) Ini adalah karya perdana anak, kumpulkan setiap Karya anak agar ia dapat mengenangnya dan kita sebagai orang tua dapat memantau perkembangan kemampuan anak dari setiap hasil karyanya.

Sumber :
Rangkuman berbagai situs di internet.

Happy Playing, Have Fun 😃

Komentar

Postingan Populer