Fine Motor Activity with Ice Cream Spoon

Persiapan : 
Sendok es krim (dapat dibeli di toko swalayan atau toko bahan kue), kardus bekas (bagian atasnya disayat menggunakan cutter)

Cara Bermain dan Manfaatnya : 
1) Beri tahu anak permainan apa yang akan dimainkan. Kenalkan nama-nama benda yang digunakan. Ini untuk menambah perbendaharaan kata dan melatih berkomunikasi.

2) Berikan contoh memasukan sendok es krim ke dalam wadah yang sudah disiapakan. Berikan kesempatan anak untuk mencoba, jika ia berhasil berikan reward misalnya dgn berkata "horee berhasil" sambil bertepuk tangan. Reward yang diberikan akan membuat anak senang melakukan kegiatan tersebut, anak juga merasa dihargai dan lebih percaya diri.

3) Kegiatan memasukkan stik es krim ini untuk melatih kemampuan motorik halus anak karena melibatkan keterampilan jari dan tangan, melatih kekuatan otot jari tangan. Untuk itulah permainan ini digolongkan "fine motor activity" karena melatih kemampuan motorik halus.

4) Kegiatan ini juga untuk melatih fokus dan konsentrasi anak, jika tidak fokus sendok tidak bisa masuk ke dalam wadah yang sudah diberi lubang tadi. Untuk pertama kali mungkin sulit, lambat laun anak akan bisa.

5) Kegiatan ini untuk melatih kesabaran anak. Anak pasti semangat dan tergesa-gesa ingin memasukkan banyak sendok, sementara sulit baginya, maka sendok dengan sabar harus dimasukkan satu per satu ke dalam wadah.

6) Sendok es krim berbahan kayu, mengenalkan anak ragam tekstur. Bentuknya lonjong memanjang, mengenalkan anak ragam bentuk.

7) Melatih kordinasi mata dan tangan.

8) Melatih kemampuan untuk mandiri. Ketika anak sudah terampil menggunakan jari tangannya mudah baginya untuk belajar membereskan mainannya sendiri tanpa bantuan orang tua.

9) Jangan paksa anak untuk memasukkan semua sendok es krim yang disediakan, masih ada lain waktu untuk bermain 😃

10) Jangan biarkan anak bermain sendiri, ortu ikut bermain bersama anak, ini untuk meningkatkan bonding antara ortu dan anak.

Sumber : 
Rangkuman berbagai situs di internet

HAPPY PLAYING, HAVE FUN 😃

Komentar

Postingan Populer