Fine Motor Activities with Pompom

Fine motor activity kali ini menggunakan DIY pompom, saya buat sendiri pompomnya, soalnya kalo beli pompom yang sudah jadi harganya lumayan mahal 20rb an padahal cuma 10 biji dan satu warna, padahal saya perlu beberapa warna..  Browsing di internet akhirnya saya menemukan cara membuat pompom, nanti akan saya posting tutorialnya. Sekarang main saja dulu 😁

Persiapan :
- 1 buah Wadah bekas tisu basah yang telah dirapikan atasnya sehingga ada celah berbentuk lingkaran untuk memasukkan pompom. 

- pompom aneka warna


Cara Bermain dan Manfaatnya :

1) Siapkan wadah dan pompom di hadapan anak, duduklah berhadapan. Berikanlah contoh cara memasukkan pompom ke dalam wadah sambil memberikan instruksi singkat agar melatih pemahaman bahasa dan menambah perbendaharaan kata. 

2) Untuk anak 1y+ kita biarkan anak memilih sendiri pompom yang akan dimasukkan, jangan lupa ortu menyebutkan warna setiap pompom yang dimasukkan agar anak mengingat Macam-macam warna. Untuk anak 2y+ ortu menyebutkan warna pompom yang akan dimasukkan anak ke dalam wadah, untuk mengetes Kemampuannya mengenal dan membedakan warna. 

3) Kegiatan memasukkan pompom bertujuan melatih sensory, anak merasakan tekstur pompom merangsang indra peraba, pompom yang berwarna warni merangsang indra pengelihatan. Gerakan tangan saat memasukkan pompom melatih kekuatan otot tangan, kordinasi antara mata dan tangan sehingga digolongkan fine motor activity. 

4) Memasukkan pompom ke dalam wadah diperlukan fokus dan konsemtrasi, sehingga kegiatan ini mampu melatih fokus dan konsentrasi anak.

5) Kegiatan mengenal dan membedakan warna melatih daya ingat anak. 

6) Berikan reward ketika anak berhasil, ini akan membuat anak lebih bersemangat dan menumbuhkan kebanggaan pada dirinya. Ganti permainan jika anak mulai bosan. 

Happy Playing, Have Fun 😃

Komentar

Postingan Populer