Fine Motor Activity with Clothespins

Selain melakukan sensory play anak batita menjelang usia 2 tahun perlu diberikan kesempatan untuk melatih motoriknya dengan cara memberikan permainan yang mampu mengasah kemampuan motoriknya.

Motorik terdiri dari motorik halus dan kasar (sudah pernah saya bahas pada postingan sebelumnya). Fine motor activity adalah permainan yang mengasah kemampuan motorik halus yaitu melatih kekuatan dan keterampilan tangan.

Media yang digunakan dalam fine motor activity bisa apa saja yang mudah kita temukan di dalam rumah. Contoh, pada kegiatan Alif kali Ini saya menggunakan jepitan baju warna-warni.

Persiapan :
Nampan, jepitan baju warna-warni.

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Siapkan nampan berisi jepitan baju, pasangkan jepitan baju pada nampan, mintalah anak untuk melepaskan jepitan baju dari nampan.

2) Duduklah berhadapan bersama anak, berikanlah contoh dan instruksi dengan singkat dan jelas agar mudah untuk diikuti, ini untuk melatih kemampuan komunikasi.

3) Sebutkan warna Jepitan baju yang berhasil ia lepaskan (utk anak 1th) Untuk anak 2-3 tahun diharapkan sudah dapat menyebutkan warna. Bermanfaat untuk mengenal dan membedakan warna.

4) Kegiatan melepaskan jepitan baju dari nampan berguna untuk melatih kemampuan motorik halusnya, menguatkan otot jari tangan, kordinasi mata dan tangan.

5) Berikanlah reward jika anak berhasil, jika anak belum berhasil, Berikan lagi contoh dan instruksi,  jangan memaksa anak, lain waktu kita bisa mencoba untuk bermain lagi.

6) Jika anak sudah terampil melepaskan jepitan baju dari nampan, berikutnya berikan contoh instruksi cara memasang jepitan baju ke nampan.

7) Jika anak sudah terampil memasang dan melepaskan jepitan baju, selanjutnya kita bisa berlatih menjemur menggunakan jepitan baju dengan membuat jemuran mini.

8) Tujuan sebenarnya dari kegiatan Ini adalah mempersiapkan anak untuk practical life menjemur baju, sehingga kelak ia dapat mandiri, dapat membantu pekerjaan orang tua untuk menjemur baju.

Sumber : Rangkuman berbagai situs di internet

Happy Playing, Have Fun 😃

Komentar

Postingan Populer