Practical Life Edisi ke 5 : Cleaning Toys

Practical Life Edisi ke 5 Ini yaitu membersihkan mainan. Ada yang unik dari kegiatan good habits yang satu ini. Saya tidak pernah mengajarkan Alif untuk bersih-bersih, tapi ia melakukan nya sendiri menggunakan tisu yang memang mudah dijangkau olehnya, dan uniknya lagi dia sudah melakukannya sebelum usianya satu tahun.

Ternyata memang benar ya, orang tua itu teladan bagi anaknya, dan anak adalah si peniru ulung 😃 alhasil apa yang dilakukan oleh orang tua akan diduplikasi oleh anak. Mungkin selama Ini dia selalu memperhatikan ketika bundanya bersih-bersih, kemudian praktekkan sendiri 😁 hehe.. Lucu banget.

Alif masih 1 tahun, saya tidak menargetkan dia untuk rutin bersih-bersih, atau harus membersihkan hingga tuntas. Tapi setiap kali moodnya sedang baik, dan melihat ada tisu di dekatnya, tanpa dikomando dia langsung bersih-bersih 😄 Target saya usia 3tahun dia harus terbiasa membereskan mainannya sendiri.

Practical life Ini memang harus dimulai sejak dini, tapi orang tua tidak boleh memaksa anak, yang terpenting adalah prosesnya, kontribusinya, pengalamannya. Barulah setelah usia sekolah kita ajarkan anak untuk bertanggungjawab,  untuk menyelesaikan pekerjaannya, dan mulai konsisten.

Komentar

Postingan Populer