Matching Activities : Put a Lid on it

Banyak aktivitas yang dapat dikembangkan dari tema matching activity, salah satunya yaitu meletakkan tutup yang sesuai, kita dapat menggunakan benda yang mudah ditemukan di sekitar kita. Let's play 😊

Persiapan :
Kumpulkan aneka wadah yang ada tutupnya, simpan wadah pada nampan, dan tutupnya pada nampan yang berbeda. 

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Duduklah berhadapan bersama anak, simpan nampan di tengah. 

2) Berikanlah contoh dan instruksi yang singkat dan jelas agar anak mudah untuk meniru. Ini untuk melatih kemampuan komunikasi dan menambah perbendaharaan kata.

3) Anak 1th bisa mulai diberikan 4 wadah yang masing-masing memiliki ukuran dan warna yang berbeda. Anak 2th Jumlah wadah bisa ditambah, anak 3th berikan wadah dengan ukuran yang sama namun warna yang berbeda.

4) Kali pertama bermain mungkin anak akan melakukan kesalahan dalam mencocokkan tutup, biarkan saja tidak perlu dikoreksi/disalahkan, biarkan ia belajar mengoreksi dirinya sendiri. Dia akan sadar dengan kesalahannya sendiri saat mengetahui bahwa tutupnya tidak cocok. Kegiatan Ini menjarkan anak cara pemecahan masalah (problem solving)

5) Kegiatan Ini dapat melatih anak fokus dan konsentrasi, mampu melatih kordinasi mata dan tangan.

6) Menutup wadah dengan cara memutarkannya akan melatih motorik halusnya terutama meningkatkan kekuatan jari tangan.

7) Anak 1th mungkin belum dapat menutup dengan rapat, yang penting anak sudah dapat mencocokkan dengan benar, anak 2-3 th diharapkan sudah dapat menutup dengan rapat.

Sumber :
Rangkuman berbagai situs di internet.

Happy Playing, have fun 😃

Komentar

Postingan Populer