Gross Motor Activity : Playing Flash Light

Kali ini kita akan bermain dengan senter, anak-anak pasti akan menyukainya 😃 yang kita perlukan hanya sebuah senter, gunakan senter yang ukurannya kecil sehingga mudah digenggam anak. Sekali bermain ini, Alif ingin main lagi dan lagi setiap kali melihat senter 😁

Cara Bermain dan Manfaatnya :

1) Pertama bermain, perkenalkan dulu kepada anak benda bernama senter, perlihatkan dan ajarkan cara menyalakannya, sampaikan juga manfaatnya. Hal ini berguna untuk melatih komunikasi, dan menambah perbendaharaan kata anak.

2) Pandu tangan anak untuk mengarahkan senter ke atas, ke bawah, ke samping. 

3) Selanjutnya biarkan anak mengeksplor seluruh ruangan dengan membawa-bawa senter dan mengarahkan senter ke segala arah. Orang tua harus selalu mengawasi dan mendampingi setiap langkah anak. Permainan ini cocok untuk anak 1y+ yang sedang senang-senangnya berjalan mengeksplor ruangan.

4) Untuk anak 2y+ kita sudah bisa menentukan tema perminan misal "finding the toys" untuk anak 3y+ yang sudah belajar huruf dan angka kita bisa membuatkan tema "what number?" atau "what letter" 

5) Kegiatan ini untuk melatih kemampuan motorik kasar anak, anak terstimulus untuk terus bergerak sambil membawa-bawa senter. Gerakan tangan untuk mengarahkan senter ke segala arah, mampu melatih kemampuan motorik halus anak, melatih kordinasi mata dan tangan. 

6) Simpan senter di tempat yang mudah dijangkau anak, misal tempat mainan. Agar anak bisa memainkannya kapanpun ia inginkan.


Happy Playing, Have Fun 😃


Komentar

Postingan Populer