Fine Motor Activity : Watering the Plants

Mari menyiram tanaman 😃 kegiatan ini saya golongkan fine motor activity karena menggunakan semprotan tanaman diperlukan kekuatan otot tangan. Ini baru pengenalan saja, next time sih berharap kalo kegiatan menyiram tanaman ini bisa jadi good habits 😊

Yang kita perlukan hanya semprotan tanaman ukuran kecil agar anak lebih mudah menggunakannya. Bisa juga dengan teko penyiram tanaman ukuran kecil jika ada (saya belum punya 😅)

Pertama pengenalan alatnya dulu, berikan contoh cara menggunakannya, sambil instruksi singkat (untuk melatih komunikasi dan menambah perbendaharaan kata)

Kedua, bimbing tangan anak untuk menggunakan semprotan, sekaligus membantu mengarahkan semprotan ke tanaman.

Ketiga, sambil menyemprot tanaman, orang tua sambil bercerita, manfaat semprotan, kenapa tanaman harus disemprot, dsb. Sering berkomunikasi membantu anak lancar berbicara.

Keempat, kegiatan ini mampu melatih kekuatan otot tangan, melatih motorik halus anak.

Kelima, jika ingin menyiram tanaman ini menjadi suatu kebiasaan yang baik bagi anak, maka kita harus menjadwalkannya setiap hari, misal setiap pagi atau sore secara rutin. Sehingga lama kelamaan anak akan terbiasa. Simpan semprotan di tempat yang mudah dijangkau anak, dan tempat yang sama, jangan berpindah-pindah tempat, jadi mudah bagi anak untuk mengingatnya.

Keenam, kegiatan ini juga bermanfaat mengenalkan tanaman, menumbuhkan kecintaan terhadap tanaman.

Happy playing, have fun 😃

Komentar

Postingan Populer