Gross Motor Activity : Shadow Play

Permainan ini tidak memerlukan alat tapi menyenangkan 😃 dan mudah sekali untuk diikuti. 

Anak yang sudah berjalan pasti tidak bisa diam, ingin berjalan kesana kemari untuk menguji kemampuan barunya 😊 Alif juga begitu.. Yuk salurkan lewat permainan ini 😃

Bermainlah di ruang terbuka, kami bermain di tempat jemuran hehe 😅 pastikan tidak ada benda apapun di lantai agar anak leluasa berjalan dan tidak terjatuh. 

Ketika berada di tempat yang lapang pasti sudah naluri anak ingin menjelajah, agar permainannya lebih menarik kita bermain mengejar bayangan 😃

Tunjukan kepada anak mana yang disebut bayangan. Contoh : "Itu lihat siapa di belakang Alif?"awalnya anak akan bingung dan mencari-cari, makanya orang tua harus menunjukkan. "ini sayang, ini namanya bayangan. Ini bayangan Alif, itu bayangan bunda"

Anak akan merasa aneh karena ada yang selalu mengikuti jika ia berada di tempat terang, ketika di tempat gelap bayangannya menghilang. Disitu anak akan belajar sebab akibat. 

Rasa ingin taunya dengan bayangan akan menstimulasi anak untuk terus bergerak, inilah tujuan utamanya, melatih motorik kasar anak agar semakin baik, otot-ototnya menjadi kuat. 

Bagaimana bunda, mudah bukan untuk membuat anak terus bergerak? Jangan sedih bun, kalau kita sebagai orang tua tidak bisa selalu memberikan mainan yang bagus dan mahal. Ada banyak hal di sekitar kita yang dapat kita manfaatkan untuk bermain dan belajar bersama anak. Kita sebagai orang tua harus kreatif 😉 Padahal saya sedang menghibur diri saya sendiri, hehe 😅 

Katanya anak yang memiliki banyak mainan akan tumbuh menjadi anak yang kurang menghargai barang, mudah sekali bosan, dan kurang kreatif. Berbeda dengan anak yang hanya memiliki sedikit mainan, ia akan menjadi anak yang lebih bersyukur, bisa menghargai, menjaga mainannya dan akan menjadi anak yang lebih kreatif.

Saya pernah membaca sebuah artikel yang menarik, sampai anak usia 5y sebaiknya anak bermain dengan mengembangkan kemampuan motoriknya baik motorik kasar maupun halus, jika memberikan mainan, berikanlah mainan manual non mesin agar kemampuan motoriknya dilatih menjadi semakin baik. Jadi intinya manfaatkanlah apa yang ada di sekitar kita sebagai media dan sarana bermain dan belajar anak. 


Happy Playing, Have Fun 😃

 

Komentar

Postingan Populer