Sensory Play with Plants

Apakah si kecil suka membuntuti bunda ke dapur? Hehe.. Anak kecil selalu ingin tahu apa yang dilakukan orang tua dan ingin menirunya, termasuk ketika bundanya sibuk di dapur untuk menyiapkan menu keluarga.

Jangan dimarahi ya bunda jika si kecil sangat ingin tahu dan ingin mencoba kegiatan di dapur. Yuk kita arahkan anak untuk bermain agar bunda tenang memasak, anakpun senang dan anteng bermain 😃

Manfaatkan peralatan di dapur sebagai wadah, kali ini kita akan bermain sensory with plants 🌿 Kebetulan pagi tadi membeli bayam dan kangkung 😊 kita memerlukan daunnya untuk diolah menjadi masakan, sementara batangnya tidak terpakai, jadikan batang bayam dan kangkung sebagai media sensory 😃

Persiapan :
Aneka wadah, batang sayuran yang tidak terpakai.

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Kali ini Alif bermain di kursi makannya, supaya tidak berkeliaran saat saya juga sibuk mengolah makanan 😉
2) Siapkan sayuran yang tidak terpakai di dalam wadah, siapkan aneka wadah lainnya agar anak bermain memindah-mindahkan/transfer ke wadah lainnya, agar terlatih motorik halusnya.
3) Biasanya sensory menggunakan biji-bijian, kali ini menggunakan sayuran. Anak akan merasakan tekstur dan bentuk yang berbeda dari biasanya, biarkan anak asik bereksplorasi.
4) Jangan lupa beritahu benda apa yang sedang ia pegang, jika ada cerita yang sesuai, sampaikan, atau ceritakan anda akan memasak apa hari ini. Ini akan membantu anak melatih komunikasi dan menambah perbendaharaan kata.
5) Jika anak telah bosan, akhiri dan segera bereskan agar tidak tercecer.

Happy Playing, Have Fun 😃

Komentar

Postingan Populer