Gross Motor Activity : Kick the Balls

Gross motor activity kali ini masih menggunakan bola 😃

Persiapan : bola aneka bahan dan warna

Permainan ini sangat mudah, cukup letakkan berbagai macam bola di hadapan anak, anak 1y+ mungkin belum dapat menendang bola. Ini adalah kesempatan untuk mengajarkan anak cara menendang bola. 

Cara Bermain dan Manfaatnya :

1) Permainan ini dapat dilakukan di dalam maupun di luar rumah. Untuk usia 1y+ sebaiknya bermain di dalam rumah.

2) Caranya bimbing anak berjalan seperti dipapah, berjalanlah melewati bola-bola yang telah disiapkan. Gerakan kaki saat berjalan akan menyentuh bola-bola yang ada, sambil berjalan orang tua sambil mengatakan "tendang bolanya, tendang bolanya.."

3) Anak akan melihat dan memperhatikan bahwa jika kakinya menyentuh bola, maka bola akan bergerak/menggelinding. Lakukan kegiatan tersebut secara berulang, lama kelamaan anak tidak perlu lagi dipapah untuk menendang bola. 

4) Kegiatan menendang bola, mampu melatih motorik kasar anak, anak akan aktif bergerak mengikuti bola. Ini sangat baik juga untuk kebugaran dan kesehatan anak seperti halnya berolahraga. 

5) Melatih otot-otot kaki, dan sensory kaki. Untuk menendang bola diperlukan kekuatan otot, permainan ini mampu menguatkan otot-otot kaki agar luwes dan tidak kaku. Sensory bukan hanya di tangan tapi jg di kaki, bola yang bermacam bahan, tekstur, berat, akan melatih sensor kaki. Kaki akan merasakan perbedaan saat menendang bola plastik, bola karet, bola kain, ukuran besar, ukuran kecil. Mungkin dari permainan ini anak akan punya bola favoritnya sendiri 😉

6) Amankan area bermain dari benda-benda yang berbahaya, selalu dampingi dan awasi anak bermain, bermainlah bersama anak, permainan pasti akan lebih menyenangkan 😊


Happy Playing, Have Fun 😃

l

Komentar

Postingan Populer