Fine Motor Activity : Net Fishing Float Fruits

Kali ini fine motorik activity Alif main basah-basahan 😊 memancing buah yang mengambang di bak mandinya.

Persiapan :

Mainan plastik berbentuk buah-buahan, bak mandi anak, saringan, wadah, air.

Tips :

Permainan ini sebaiknya dilakukan sebelum mandi, sebaiknya dilakukan di kamar mandi agar tidak perlu repot melap lantai,  jadi setelah basah-basahan anak langsung nyemplung mandi 😃 air yang saya gunakan adalah air yang dia gunakan untuk mandi, jadi biar sekalian main dan mandi 😅

Cara Bermain dan Manfaatnya :

1) Orang tua seperti biasa menyiapkan air mandi dan perlengkapannya, jangan lupa menyiapkan mainan buah-buahan, wadah, dan saringan untuk permainan ini. 

2) Katakan kepada anak bahwa kita akan bermain, permainan memancing. Jangan dulu melepaskan pakaian anak, biarkan anak bermain air di kamar mandi menggunakan bajunya agar anak tidak masuk angin. 

3) Berikanlah contoh cara memancing menggunakan saringan, kemudian bimbing tangan anak untuk melakukannya. Orang tua posisinya berada di belakang anak. 

4) Kegiatan memancing dengan saringan ini bertujuan untuk melatih motorik halus anak, melatih kekuatan otot-otot tangan anak. 

5) Sambil memancing, jangan lupa untuk menyebutkan nama buah untuk anak 1y+ untuk anak 2y+ kita bisa meminta anak untuk memancing buah yang kita tentukan. 

6) Jangan lupa memberikan reward ketika anak berhasil memancing bola dan memasukkannya ke dalam wadah. Jika anak belum berhasil, ulangi pemberian contoh atau bimbing tangan anak untuk melakukannya. 

7) Jika permainan sudah dirasa cukup, akhiri permainan dan segera mandikan anak. Ini juga salah satu trik untuk mengajak anak mandi 😅

8) Jangan biarkan anak bermain sendiri, karena permainan dilakukan di kamar mandi yang lantainya basah dan licin, orang tua harus selalu berada di belakang anak menjaga agar anak tidak terpleset. 


Happy Playing, Have Fun 😃 


Komentar

Postingan Populer