Practical Life Edisi ke 8 : Wipe Up Spills

Salah satu practical life yang harus dikuasai oleh anak 2th adalah melap tumpahan air. Alif masih 1y6m tapi sudah saya ajarkan. Ini sangat sederhana dan mudah diikuti anak karena pada dasarnya anak adalah peniru ulung.

Kejadian air tumpah berceceran pasti sering dialami hampir setiap hari jika kita memiliki anak kecil di rumah. Tumpahan air bisa berbahaya jika tidak segera dilap. Air yang tumpah ini bisa disengaja atau bahkan tidak disengaja dilakukan oleh anak. Daripada memarihi anak yang senang bermain tumpahan air, lebih baik kita arahkan dia untuk belajar melap tumpahan air. 

Apa manfaatnya?
1) Melatih motorik halus anak. Untuk melap anak menggerakkan tangannya ke atas dan ke bawah, ke kiri dan ke kanan. Ini mampu melatih kekuatan otot-ototnya.

 
2) Melatih kepekaan indra peraba dan indra pengelihatan. Untuk melap kita menggunakan mata kita untuk melihat tumpahan air yang tececer, air yang berwarna bening menjadi sulit terlihat, maka diperlukan juga indra peraba untuk memastikan area yang terkena tumpahan air. 


3) Melatih hidup bersih. Kebiasaan hidup bersih harus diajarkan sejak dini. 


4) Melatih rasa tanggung jawab. Walaupun masih kecil tidak ada salahnya kita mulai mengajarkan tanggung jawab terhadap anak mulai dari hal kecil seperti melap air yang ia tumpahkan. Daripada memarahi anak, sebaiknya kita arahkan anak untuk belajar melap tumpahan air. 


5) Jika hal ini dibiasakan, maka anak akan secara reflek dan otomatis melap jika ada tumpahan air tanpa harus kita beri komando lagi, dengan syarat lap atau tisu mudah dijangkau oleh anak. 


6) Kegiatan yang menyenangkan. Anak sangat senang meniru, dia ingin bisa melakukan apa yang orang dewasa lakukan. Maka ketika kita mengajarkan anak usia dini kegiatan practical life dia akan dengan senang hati mempelajari dan melakukannya 😃 


7) Menumbuhkan kebanggaan dan kepercayaan diri anak. Ketika anak mampu melakukan apa yang orang dewasa lakukan, ketika kita memberikan kepercayaan kepada anak untuk mencoba terlibat dalam rutinitas keseharian orang tua, maka hal itu akan membuat dirinya bangga dan lebih percaya diri. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih karena ia sudah membantu meringankan pekerjaan kita, dengan begitu ia merasa usahanya dihargai, bukan tidak mungkin kelak ia akan menjadi pribadi yang lebih rajin lagi 😊

Komentar

Postingan Populer