Fine Motor Activity with Popsicle Sticks

Kali ini Montessori activity Alif (1y2m) menggunakan  stik es Krim, let's play a game 😊

Persiapan :
Stik es krim (dpt dibeli di toko swalayan atau toko bahan kue), wadah bekas tisu basah (bagian atasnya dilubangi menggunakan cutter, tutupi dgn lakban agar bekas potongan cutter tidak melukai)

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Beri tahu anak permainan apa yg akan dimainkan. Kenalkan nama2 benda yg digunakan. Ini utk menambah perbendaharaan kata dan melatih berkomunikasi.

2) Berikan contoh memasukan stik es krim ke dlm wadah yg sudah disiapakan. Berikan kesempatan anak utk mencoba, jika ia berhasil berikan reward misalnya dgn berkata "horee berhasil" sambil bertepuk tangan. reward yg diberikan akan membuat anak senang melakukan kegiatan tersebut, anak juga merasa dihargai dan lebih percaya diri.

3) Kegiatan memasukkan stik es krim ini utk melatih kemampuan motorik halus anak karena melibatkan keterampilan jari dan tangan, melatih kekuatan otot jari tangan, untuk itulah digolongkon fine motor activity karena melibatkan motorik halus. 

4) Kegiatan ini juga utk melatih fokus dan konsentrasi anak, jika tidak fokus stik tdk bisa masuk ke dlm wadah yg sudah diberi lubang tadi. Utk pertama kali mungkin sulit, lambat laun anak akan bisa.

5) Kegiatan ini utk melatih kesabaran anak. Anak pasti semangat dan tergesa2 ingin memasukkan banyak stik, sementara sulit baginya, maka stik dgn sabar hrs dimasukkan satu per satu ke dlm wadah.

6) Stik es krim berbahan kayu, mengenalkan anak ragam tekstur. Bentuknya lonjong memanjang, mengenalkan anak ragam bentuk.

7) Melatih kordinasi mata dan tangan.

8) Melatih kemampuan utk mandiri.

9) Jangan paksa anak utk memasukkan semua stik es krim yg disediakan, masih ada lain waktu utk bermain πŸ˜ƒ

10) Jangan biarkan anak bermain sendiri, ortu ikut bermain bersama anak, ini utk meningkatkan bonding antara ortu dan anak.

Sumber :
Berbagai blog di internet, buku "montessori di rumah"

HAPPY PLAYING, HAVE FUN πŸ˜ƒ

Komentar

Postingan Populer