Mengenalkan Buku Kepada Anak

Kebiasaan baik harus dimulai sejak dini. Termasuk kebiasaan membaca buku. Karena membaca buku akan memberikan manfaat kepada anak untuk mengenal huruf, belajar membaca, menambah perbendaharaan kata, membuka wawasan.

Saya dan suami memiliki hoby membaca, dan ingin menularkannya kepada Alif. Saat Ini Alif baru berusia 1 tahun. Berikut Ini beberapa cara mengenalkan buku kepada anak yang saya rangkum dari berbagai sumber yang pernah saya baca :

1) Bacakan cerita
Bayi tentu saja belum dapat membaca, tapi indra pendengaran dan pengelihatannya sudah berfungsi dengan baik, kita bisa mulai dengan membacakan cerita.

2) Membaca tepat waktu
Anak mudah sekali bosan, jadi bacakan cerita disaat yang tepat Dimana anak merasa tenang biasa setelah makan/tidur.

3) Membaca di tempat yang nyaman
Anak kecil mudah terganggu dengan suasana yang berisik dan banyak orang. Pilihlah tempat yang nyaman hanya ada orang tua dan anak, agar anak belajar untuk fokus.

4) Buku yang tepat
Pilihlah buku yang ceritanya tidak terlalu panjang, karena anak mudah bosan, terbuat dari bahan yang tebal, sehingga tidak mudah robek, dengan aneka gambar Dan warna yang menarik. Berikan buku yang Aman dan bermanfaat, yaitu memiliki konten yang baik Dan mendidik. Perhatikan juga minat atau kesenangan anak, sesuaikan buku dengan minatnya.

5) Jangan memaksa anak
Kebiasaan baik tentu harus diterapkan dengan cara yang baik pula, tanpa paksaan, melainkan dengan senang hati, sehingga lambat laun anak akan menyenangi Kebiasaan membaca buku. Jika anak sudah tidak fokus Dan ingin bermain hal lain, maka Kegiatan bercerita harus diakhiri.

6) Simpan buku di tempat yang mudah dijangkau oleh anak
Tujuannya agar mudah diakses oleh anak, sehingga anak bisa memilih sendiri buku yang ingin dibacakan.

7) Teladan adalah guru yang terbaik
Jika kita menginginkan anak menyenangi buku, maka tunjukan bahwa orang tua juga menyenangi buku, bacalah buku di hadapan anak, sehingga anak akan meniru kebiasaan orang tua.

8) Berikan buku secara bertahap
Berikan kesempatan anak untuk memegang, Dan mengamati isi buku. Ketika anak masih bayi kita bisa memberikan buku yang terbuat dari kain, dapat dibeli di baby shop atau toko buku. Setelah anak 1 tahun dapat diberikan "foam book" Ini juga ringan Dan tidak mudah rusak, atau buku yang berbahan Karton tebal sehingga tidak mudah robek. Selain Mengenalkan buku kita juga melatih motorik halusnya ketika anak belajar membuka halaman buku.

9) Ajaklah anak ke perpustakaan atau toko buku
Sesekali ajaklah anak berjalan-jalan ke perpustakaan / toko buku, akan lebih baik jika diagendakan secara rutin.

10) Konsisten
Kebiasaan akan terbentuk jika dilakukan terus Dan Berulang, jangan hanya sesekali tapi harus konsisten Dan bekesinambungan.

Begitulah beberapa poin yang dapat kita lakukan sebagai orang tua untuk mengenalkan buku kepada anak, hingga akhirnya membaca buku bisa menjadi suatu Kebiasaan yang baik yang melekat pada diri anak.

Komentar

Postingan Populer