Sensory Play with Hidden Object

Ini permainan favorit Alif banget, ceria banget kalo dah main finding Shaun the sheep 😃

Persiapan : Mainan kesayangan anak (usahakan yg memiliki bunyi)

Cara Bermain dan Manfaatnya :
Kita akan bermain petak umpet dgn mainan kesayangan anak. Kenapa mainan kesayangan? Agar anak benar2 mengenali objek yg dicarinya. Usahakan mainan yg memiliki bunyi, karena kita akan melatih ketajaman indra pendengarannya.

1) Perlihatkan benda yg menjadi objek. Katakan pd anak bahwa kita akan bermain petak umpet dengan mainan kesayangannya. "bonekanya mau sembunyi, nanti kk Alif cari yaa"

2) Bermainlah di ruangan terutup, seperti di kamar agar tidak terlalu luas ruang gerak anak.

3) Mulailah menyembunyikan mainan, (bisa di bawah bantal, di bawah selimut, di atas tumpukan bantal) dan minta anak utk mencarinya, suara boneka akan membantu anak menemukan objek.

4) Permainan ini sangat mengenangkan, dapat melatih motorik halus dan motorik kasar anak karena tangan dan kakinya bergerak, anak jg lbh sehat karena ini jg melatih ketangkasan anak, melatih keseimbangan, melatih kordinasi mata dan tangan, melatih ketajaman indra pendengaran, melatih ketajaman indra pengelihatan, melatih ingatan, melatih perkembangan otaknya. Ketika mencari, anak sudah memiliki informasi di dlm otaknya mengenai mainan kesayangannya seperti bagaimana warnanya, bentuknya, suaranya. Informasi itulah yg ia gunakan utk menemukan objek.

5) Saat anak berhasil menemukan mainannya, berikan respon positif "horee kk alif berhasil, tepuk tangan" anak akan senang dan dihargai sehingga dpt menumbuhkan rasa percaya dirinya.

6) Permainan ini jg melatih anak berkomunikasi, meningkatkan bonding dgn ortu.

Sumber/Inspirasi :
Berbagai blog di internet, buku "Montessori di rumah "

HAPPY PLAYING, HAVE FUN 😃

Komentar

Postingan Populer