Montessori Activity : Mirror Game

Media : Cermin

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Pertama kita bisa mulai dgn menyapa dan mengenalkan diri. Contoh : Hallo, namaku Alif. Sambil mengetuk cermin tok tok tok aslmlkm Alif sayang. Dsb. Ini utk melatih anak utk berkomunikasi.

2) Bermain ekspresi. Saat bercermin kita bisa mengajarkan anak beragam ekspresi, seperti tersenyum, tertawa, cemberut, sedih, dsb. Ini utk melatih anak mengenali ekspresi dan mengasah kemampuan emosiya, dan agar anak lbh mengenali dirinya. Dia akan tahu wajah tersenyum lbh menyenangkan drpd cemberut.

3) Bermain Cilukba. Kita bisa mengambil selendang utk bermain cilukba. Anak akan bljr kesabaran, dia akan menunggu sejenak sampai akhirnya  wajahnya muncul kembali d cermin.

4) Melatih gerakan. Saat bercermin ortu dpt mencontohkan bbrp gerakan seperti : mengangguk, menggeleng, melambai, kiss bye, gerakan jongkok, berdiri. Kegiatan ini dpt menambah kemampuan motorik anak, dgn meniru gerakan ortu anak akan semakin percaya diri.

5) Mengenalkan Anggota tubuh. Saat bercermin kenalkan anak nama2 anggota tubuh dan fungsinya. Ini utk menambah pengetahuan dan kosa kata anak, serta melatih kemampuan berbahasa. Contoh : ini mata kk alif, mata utk melihat, dsb. Setelah itu ortu dpt bertanya, anak yg menunjukan : "mana mata kk alif?"

Sumber/Inspirasi :
Rangkuman Berbagai blog di internet.

HAPPY PLAYING 😃

Komentar

Postingan Populer