Sensory Play with Soybeans

Alif sebelumnya pernah bermain sensory dengan jagung, sagu mutiara, sekarang coba d kedelai. Walaupun sekilas bentuknya sama, tapi sebenarnya memiliki bentuk dan warna yg berbeda. Anak sampai usia 2th yg paling dominan adalah indra perabanya, jadi ortu harms memberikan pengalaman sebanyak-banyaknya untuk anak bereksplorasi dengan berbagai tekstur, bentuk, Dan warna hal itu untuk menambah bank Memory di otaknya.

Tema : Save the Animals

Persiapan : 
Sediakan aneka wadah, Kacang kedelai kering (bisa diganti dengan kacang hijau, dan sebagainya), mainan binatang.

Tujuannya :

Anak 1 tahun

Menyentuh, merasakan, bentuk dari media sensory, memindahkan media sensory dengan tangan ke tempat lain (walaupun masih berantakan), mengenal binatang. 

Anak 2 tahun

Menyentuh, merasakan, bentuk dari media sensory, memindahkan media sensory dengan tangan ke tempat lain (tidak ada yang tercecer), menyebutkan nama binatang. 

Anak 3 tahun

Memindahkan media sensory dengan alat ke tempat lain (tidak ada yang tercecer), menyebutkan nama binatang Dan Cirinya.

Cara Bermain dan Manfaatnya : 
1) Biarkan anak bereksplorasi, menyetuh dan merasakan kacang kedelai, memainkannya, mengaduk, meremas, melempar, menumpahkannya, memindahkannya ke wadah lain. Ini untuk melatih kepekaan indra peraba, melatih motorik halus anak.

2) Save the animals. Simpan mainan binatang bersama kacang kedelai d dlm wadah, ceritanya binatangnya terjebak d tumpukan kacang kedelai, mintalah anak untuk menyelamatkannya dgn cara mengeluarkan binatang dr dlm wadah. Permainan ini untuk melatih anak memiliki sifat penolong dan penyayang, ketika mengeluarkan boneka binatang anak menggerakan jari-jarinya, ini untuk melatih kemampuan motorik halusnya. Sebutkan juga nama binatang dan cirinya dengan Singkat. 

3) Permainan sensory bermanfaat untuk melatih perkembangan otak, melatih regulasi diri, meningkatkan kemampuan motorik, melatih kemampuan berbahasa, meningkatkan bonding ortu dan anak.

Tips :
Selalu dampingi anak ketika bermain, jangan sampai anak memakan kacang kedelai, alihkan perhatiannya jika mulai ada tanda, ingin memasukkan k dalam mulut. Segera bereskan jika telah selesai jgn sampai tercecer. Anak 1 th mudah bosan, permainan dapat diulang di lain waktu 😃

Sumber : 
berbagai blog di internet, buku "montessori di rumah"

HAPPY PLAYING, HAVE FUN 😃

Komentar

Postingan Populer