Montessori Activity : Input the Straws into the Box

Persiapan :
Sedotan plastik, kotak bekas sepatu, gunting.

Cara Membuat :
Lubangi kotak sepatu menggunakan gunting dgn memberikan jarak pada setiap lubang (jgn terlalu rapat) let's play a game 😃

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Perkenalkan nama benda yg akan digunakan, agar bertambah perbendaharaan kata anak.

2) Sedotan Dan box mungkin benda yg baru bagi anak, anak pasti akan sangat penasaran ingin menyentuhnya, (Alif paling suka memasukan sedotan ke mulutnya, dan mengocok kotaknya 😃) untuk awal permainan Biarkan ia Mengenal dgn baik benda2 yg ada di hadapannya. Ini utk melatih kepekaan Indra perabanya, menambah memorinya tentang ragam bentuk, ortu bisa menjelaskan bagaimana bentuknya.

3) Berikanlah contoh Memasukkan Sedotan ke dlm box yg telah disiapkan, lakukan dgn benar dan instruksi yg jelas, agar anak mudah menangkap. Beri kesempatan anak utk meniru, untuk awal permainan mungkin anak belum bisa melakukan dgn benar, ulangi pemberian contoh, biarkan dia mengulang dan memperbaiki kesalahannya. Kegiatan ini utk melatih kordinasi mata dan tangan, melatih motorik halusnya, melatih fokus dan konsentrasi anak.

4) Memanfaatkan barang bekas menjadi mainan, membantu mengajarkan anak bagaimana Cara mengelola sampah.

5) Keterlibatan ortu bermain dgn anak akan menambah bonding ortu dan anak.

6) Berikanlah reward ketika anak berhasil melakukan dgn benar, "horee, berhasil, tepuk tangan 👏" Ini akan membuatnya merasa senang dan percaya diri.

7) Jangan paksa anak utk menyelesaikan permainannya, masih ada lain waktu utk Bermain 😊 Jika sudah selesai simpan di wadah plastik trasparan dan taruh di tmpt yg mudah dijangkau oleh anak, jadi mudah bagi anak utk mengaksesnya jika suatu Waktu dia tertarik utk kembali Bermain.

Sumber/Inspirasi :
Rangkuman Berbagai blog di internet, buku Montessori di rumah.

HAPPY PLAYING, HAVE FUN 😃

Komentar

Postingan Populer