Montessori Activity : Playing Balls

Bola adalah mainan yg bisa dimainkan anak laki-laki maupun anak menemukan. Apa saja yg bisa dilakukan anak 1 tahun dengan bola? Let's play 😃

Permainan : Bola aneka warna, ukuran, dan tekstur (kain, plastik, dan karet)

CaraBermain dan Manfaatnya :
1) Kita akan bermain dengan bola aneka warna. Tujuannya untuk mengenalkan warna kpd anak. Beritahu anak warna bola yg sedang dipegang anak "ku-ning, ku-ning, ku-ning" pelan2 dan berulang kali. Walaupun anak 1th blm mengerti, anak dpt mendengar dan terekam dlm ingatannya. Ortu hrs sabar, belajar tdk bisa instan, perlu proses, wkt dan kesabaran kita hrs mengulang2. Next, ketika anak sdh mengenal dan membedakan warna kita bisa bermain shorting colour.

2) Bermain bola aneka ukuran. Tujuannya agar anak mulai belajar matematika dasar, yaitu membandingkan ukuran benda. Berikan anak bola aneka ukuran, jgn dulu berkata apa2 berikan kesempatan kpd anak utk mengeksplorasi, anak akan mengamati dan mulai memainkannya. Setelah puas bermain barulah kita beritahu bahwa bola ini ukurannya berbeda "ini bola kecil, ini bola sedang, ini bola besar"

3) Bermain bola aneka tekstur. Tujuannya agar dpt membedakan tekstur lembut, kasar. Ini berfungsi melatih motorik halusnya. Seperti tadi biarkan anak mengeksplorasi dulu barulah ort memberi tahu perbedaannya.

4) Main lempar tangkap bola. Ortu dan anak duduk/berdiri berhadapan, ortu dan anak bergantian saling melempar tangkap bola, jarak jgn terlalu jauh. Anak 1th blm memiliki tenaga yg kuat utk melempar jauh, lemparannya pun tdk beraturan, tdk apa2 seiring usia anak akan semakin matang kemampuan motoriknya dan kita bisa melangkah ke permainan yg lbh menantang, misnya melemparkan bola ke dlm wadah. Permainan ini utk melatih motorik, mengkordinasikan mata dan tangan, saat bermain biarkan anak meggunakan kedua tgn nya jgn hanya menggunakan tgn kanan sj atau kiri saja ini berguna utk menyeimbangkan perkembangan otaknya.

5) Memindahkan bola dari satu tempat ke tempat lain, kita bisa menggunakan wadah sbg media, jgn lupa sambil menyebutkan warnanya. Ini utk melatih motorik dan kordinasi mata dan tangan. Ortu boleh sambil menyalakan musik.

6) Menggelindingkan bola, berikan contoh cara menggelindingkan bola, anak akan dgn mudah mencontoh. Gelindingkan bola dan ikuti kemana prgnya bola, setiap bola berhenti gelindingkan lagi begitu seterusnya sampai anak cape hehe ^_^ Tujuannya sama utk melatih motorik, kordinasi mata, kaki, dan tangan. Knp selalu motorik? Krn anak 0-2th berada pd tahapan berpikir sensory motor, dengan trus berlatih motorik kita membantu perkembangan otak anak dan kinerja seluruh tubuhnya, sehingga anak lbh sehat.

Tips : Bermain bola sangat menyenangkan, tanpa kita dampingi anak akan dgn senang hati bermain. Tapi jika ortu mendampingi dan ikut bermain, anak akan melakukan permainan dgn benar, dan aman, serta lbh gembira, ortu akan lbh dkt dgn anak (ortu adalah teman pertama anak), ortu dpt mengamati minat, bakat dan kesukaan anak.

Sumber/Inspirasi :
Rangkuman Berbagai blog di internet.

HAPPY PLAYING, HAVE FUN 😃

Komentar

Postingan Populer