Montessori Activity : Playing DonSu

Donat susun permainan yang tak lekang oleh Waktu, hampir semua anak pasti pernah memainkannya, apa saja yg bisa dimainkan dengan si donsu Ini? Apa Manfaatnya? Let's play 😃

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Menyusun dan membongkar donat susun. Manfaat, mengenal ukuran kecil, sedang, besar, melatih motorik halus anak, kordinasi mata dan tangan. Kalo Alif baru bisa membongkar donsu, belum bisa menyusun 😀

2) Mengenal warna. Sambil bermain bongkar susun, ortu bisa sambil mengenalkan warna. Ingat pelan2 seperti mengeja, kita sdg membantu anak utk bljr berbicara "hi-jau, hi-jau, hi-jau" dst. Mengenal warna ini terus diulang2 agar anak ingat dan nantinya dapat membedakan warna.

3) Putar donat. Donat diputar seperti gangsing, ini dilakukan oleh ortu, anak yg memperhatikan akan senang melihat perubahan gerak donat. Secara tdk langsung anak sdg belajar science tentang gerak benda. Sambil memutar sambil katakan "pu-tar, pu-tar"

4) Memindahkan donat. Ajarkan anak untuk memindah2kan donat ke dalam wadah, ini utk melatih motori halus anak, juga kordinasi mata dan tangan. Anak 1th suka memasukan benda ke dlm mulutnya, sbnrnya ini adalah proses anak belajar mengenali benda, tapi kita harus selalu mengingatkan bahwa mainan bukan makanan tdk blh dimakan.

Sumber/Inspirasi :
Rangkuman Berbagai blog di internet.

HAPPY PLAYING, HAVE FUN 😃

Komentar

Postingan Populer