Sensory Play with Circle Objects

Montessori activity Alif (1y2m) kali ini bermain sensory menggunakan benda-benda yg ada di dlm rumah yg berbentuk lingkaran 😊 let's  play

Persiapan :
Kumpulkan benda2 d dlm rumah yg berbentuk lingkaran.

Cara Bermain dan Manfaatnya :
1) Siapkan circle objects di hadapan anak, duduklah bersama anak, ambil object satu per satu Biarkan dia bereksplorasi : merasakan  bentuknya yg melingkar, memainkannya, menjatuhkannya, menyusunnya, memutarnya, merasakan perbedaan ukuran, merasakan perbedaan  ketebalan,  setiap benda, Dan menemukan  persamaannya. Ini utk melatih kepekaan  Indra perabanya, krn yg paling dominan Dr anak 0-3th adalah Indra perabanya.

2) Jika benda itu kecil Katakan "lingkaran kecil" jika  besar "lingkaran besar" "tipis" "tebal" "kasar" "halus" dsb Sambil menyentuh object tsb. Anak 1th blm dpt mengikuti ucapan kita tp dia bisa mendengar Dan merasakan, itu Sudah tersimpan di memory di otaknya, kegiatan Ini jg utk menambah  kosa Kata Dan berlatih komunikasi.

3) Sambil bermain bernyanyilah "lingkaran kecil, lingkaran kecil, lingkaran besar.... " ajak anak Memasukkan lingkaran  ke dlm wadah utk melatih motorik halusnya.

Inspirasi :
Berbagai  blog di internet, buku "Montessori di rumah"

HAPPY PLAYING, HAVE  FUN 😃

Komentar

Postingan Populer