Sensory Play with Corn : Get the Worm 🐛

Tema : Get the Worm 🐛

Persiapan : 
Sediakan wadah, biji jagung kering (bisa diganti dgn kacang hijau, dsb), kawat yang dilapisi kain berbulu (dapat dibeli di toko benang) potong-potong kawat 2-3cm.

Tujuan :
Anak 1 tahun
Merasakan tekstur jagung, memisahkan worm dari jagung menggunakan tangan (tidak apa-apa kalau jagung masih berceceran).
Anak 2 tahun
Merasakan tekstur jagung, memisahkan worm dari jagung menggunakan tangan (jagung tidak berceceran).
Anak 3 tahun
Memisahkan worm dari jagung menggunakan capitan makanan.

Cara Bermain dan Manfaatnya : 
1) Biarkan anak bereksplorasi, menyetuh dan merasakan biji jagung, mengaduk, meremas, melempar, menumpahkannya, memindahkannya ke wadah lain. Ini utk melatih kepekaan indra peraba, melatih motorik halus anak.

2) Get the worm. Simpan mainan worm bersama jagung d dalam wadah. Ceritanya kita akan menangkap worm di tumpukan jagung. Permainan ini untuk melatih anak agar tidak mudah jijik, ketika anak memungut worm, ini juga untuk melatih kemampuan motorik halusnya.

3) Permainan sensory bermanfaat utk melatih perkembangan otak, melatih regulasi diri, meningkatkan kemampuan motorik, melatih kemampuan berbahasa, meningkatkan bonding ortu dan anak.

Tips :
Selalu dampingi anak ketika bermain, jgn sampai anak memakan biji jagung, alihkan perhatiannya jika mulai ada tanda-tanda ingin memasukkan ke dalam mulut. Segera bereskan jika telah selesai jangan sampai tercecer. Anak 1 th mudah bosan, permainan dapat diulang lain waktu 😃

Sumber : 
berbagai blog di internet, buku "montessori di rumah"

HAPPY PLAYING, HAVE FUN 😃

Komentar

Postingan Populer