Jalan-Jalan di Taman Kota @Bandung

Salah satu hiburan yang murah dan menyenangkan adalah mengunjungi taman kota bersama keluarga ๐Ÿ˜Š

Semenjak Alif sudah bisa jalan, kegiatan jalan-jalan menjadi lebih menyenangkan ๐Ÿ˜ƒ sambil Alif melancarkan jalan juga.

Di Kota Bandung ada banyak taman kota yang dapat dikunjungi, setiap taman memiliki tema yang berbeda-beda. Beberapa taman yang menarik diantaranya :
Teras Cikapundung, Teras Cihampelas, Taman Dewi Sartika (taman balaikota), Taman Sejarah, Gasibu, Taman Lansia, Taman Pustaka Bunga, Taman Cikapundung Riverspot, Taman Film, dsb...

Kami lebih suka mengunjungi taman itu di hari Sabtu pagi, karena masih sepi dan jalanan juga belum macet ๐Ÿ˜Š nunggu ayahnya Alif libur juga, hehe ๐Ÿ˜…

Manfaat Jalan-jalan di Taman Kota :
1) Murah. Untuk ke taman kota kita tidak perlu bayar tiket alias gratis ๐Ÿ˜ƒ cuma ongkos sama parkir aja paling ๐Ÿ˜…


2) Menyenangkan. Kita bisa jalan-jalan, melihat-lihat pemandangan, bermain, beberapa taman dilengkapi juga dengan beberapa permainan seperti ayunan. 


3) Menstimulasi indra pengelihatan dan pendengaran anak. Lingkungan dan suasana yang baru memberikan anak pengalaman baru. Anak bisa melihat, mendengar apa yang belum pernah dilihat sebelumnya, seperti pepohonan, tanaman, awan, air mancur, burung-burung, kendaraan, dsb.


4) Melatih sosialisasi anak. Pergi ke tempat umum berarti bertemu banyak orang asing. Ini membantu anak dalam bersosialisasi. Orang tua bisa sambil berbincang dengan orang tua lain yang membawa anak, mengajak anak untuk menyapa teman sebayanya. 


5) Melatih komunikasi dan perbendaharaan kata. Sambil berjalan-jalan beritahu anak benda-benda apa saja yang ia lihat. Saat anak tertarik melihat pohon, beritahukan bahwa yang dilihat anak itu pohon, dan seterusnya apa saja yang ada sebutkan agar terekam dalam memory anak. Ceritakan pula hal menarik mengenai benda tsb. Jika aman, perbolehkan anak untuk menyentuhnya misal dedaunan, air kolam, dsb. 


6) Melatih motorik kasar. Jika anak sudah bisa berjalan, biarkan anak berjalan-jalan, berlari, melompat, mengeksplorasi lingkungan taman. Asalkan jalanannya rata ya bunda, kalo jalanan tidak rata sebaiknya anak dipegangi agar tidak jatuh. Jangan lupa untuk terus selalu waspada mengamati lingkungan dan mengawasi setiap gerak anak. 


7) Foto-foto. Jangan lupa untuk mengabadikan kebersamaan keluarga, keceriaan si kecil dengan berfoto, atau membuat vidio.


Itulah bunda beberapa manfaat jalan-jalan di taman kota, happy playing, have fun ๐Ÿ˜ƒ


Komentar

Postingan Populer